Referral Banners

Senin, 27 Mei 2013

Tips Membangun Ekonomi Team.

| |
1369687502_392.jpgSebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang Tips membangun Ekonomi Team, Saya akan memberitahukan dulu, bahwa tips ini sepenuhnya adalah hasil uji coba/pengalaman mastah-mastah di game manager league. mereka menamakan tips ini dengan “membangun sebuah tim ala Maxon City”, saya juga mau minta maaf seandainya dalam penyampaian ini banyak hal yangg kurang tepat, bukan maksud saya menggurui para manager tapi saya cuma mau  berbagi strategi dalam membangun sebuah tim, mudah-mudahan dengan tulisan ini para manager yang baru dapat sedikit gambaran dan dapat mengambil pelajaran dari pengalaman mastah-mastah di managerleague game ini. Tidak harus dicontoh bulat-bulat tapi bisa dijadikan masukan untuk membangun sebuah tim yang diimpikan. .
Dalam membangun tim yang bagus diperlukan ketekunan dan kesabaran, tidak dapat dibangun hanya dalam beberapa musim saja. Dan sebenarnya inilah yang membuat games ManagerLeague jadi lebih menarik dan realistik.
Langsung menuju ke Tipsnya.
MEMBANGUN EKONOMI
Mengapa saya memulai dengan membangun ekonomi terlebih dahulu? Padahal ini bukanlah games ekonomi seperti layaknya Tycoon Games. Ini dikarenakan ekonomi di ManagerLeague mempunyai porsi yg sangat penting. Untuk membangun sebuah tim yg baik dibutuhkan pondasi ekonomi yg kuat, jika semenjak awal kita mengabaikan masalah ini, pastinya dikemudaian hari akan dililit masalah keuangan yang mengakibatkan terhambatnya pencapaian kita dalam membangun sebuah tim. Ekonomi sangat dibutuhkan untuk mengupgrade stadium, membeli pemain dan membayar gaji pemain, pelatih serta staff. Coba bayangkan seandainya kita membutuhkan seorang pemain yg bagus tapi duitnya tidak cukup padahal persaingan sangat ketat, ini sangat menghambat meningkatkan performa dan kualitas tim kita. Atau misalnya kita harus mengupgrade stadium tapi uang tidak ada, ini membuat pembangunan terhambat padahal efisiensi waktu sangat penting.
Ada beberapa hal yg bisa kita lakukan untuk membangun ekonomi dan meningkatkan pendapatan untuk tim kita:
1. Upgrade Stadium
Yang pertama harus kita upgrade adalah kapasitas stadium serta shop dan restoran. Cobalah upgrade stadium minimal sampe 20.000 saya merekomendasikan sampai 30.000. Ini memang membutuhkan waktu yg lama, tapi ini adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan dikemudian hari. Seandainya ketika mengupgrade kapasitas stadium duitnya tidak mencukupi, kita bisa mengupgrade restoran/shop sampe full. Nanti jika duitnya sudah cukup kita bisa melanjutkan upgrade stadium tersebut sampe 20 ribu atau 30 ribu. Intinya adalah upgrade stadium sampe 20 atau 30 ribu serta shop dan restoran sampe full terlebih dahulu. Dengan melakukan hal itu keuangan club akan mengalir dengan lancar. Setelah itu terserah para manager mau mengupgrade yg mana, ini tergantung strategi masing2.
2. Memilih Sponsor yg Tepat.
Memilih sponsor ini sebenarnya gampang-gampang susah, tapi kalo kita bisa memilih sponsor yg tepat dapat memaksimalkan pendapatan yg kita terima. Yg harus dilakukan adalah memprediksi peringkat tim kita diakhir musim. Caranya dengan melihat tabel, lalu liat berapa tim yg Q nya diatas atau dibawah kita dan berapa tim yg aktif dan tidak aktif. Tim yang Q nya jauh lebih tinggi dari kita bukan berarti tidak bisa dikalahkan tetapi lebih sulit, sedangkan tim yg Q nya lebih rendah cenderung lebih mudah untuk dikalahkan. Begitu juga pemain yg tidak aktif akan lebih mudah untuk dikalahkan walupun Q-nya lebih tinggi, karena mereka tidak mengontrol tim nya sehingga tidak mentrain pemain, mengganti strategi/pemain dan tidak membeli pemain baru. Sebenarnya banyak faktor untuk memenangkan pertandingan: Tergantung strategy kita dan strategy lawan, Q dan attribut pemain,  moral,  fittness, tim stat, juga faktor keberuntungan.
Setelah kita memprediksi peringkat kita diakhir musim, pilihlah sponsor yg memberikan bonus/pemasukan paling besar jika kita menggunakan rumus :
Total pendapatan dari sponsor  = Upfront (bonus dimuka) + Per-round*34 + Bonus peringkat akhir musim.
3. Mengikuti / Membuat Player Cup
Diawal musim, setiap minggu dan sabtu serta diakhir musim, kita diberi kesempatan untuk mengikuti player cup. Player cup ini sangat penting karena selain meningkatkan kualitas dan attribut pemain, juga kita mendapatkan pemasukan dari hasil penjualan tiket, shop dan restoran. Oleh karena itu jangan pernah melewatkan mengikuti player cup ini. Biasanya jadwal player cup adalah hari sabtu dan minggu jam 05.00 WIB dan jam 17.00 WIB. Jadi usahakan mengikuti player cup sejak awal yaitu hari sabtu jam 05.00 WIB. Sehingga jika fitt pemain masih memungkinkan, kita masih mempunyai kesempatan untuk mengikuti cup yang selanjutnya.
Ada cara yg menurut saya cukup efektif untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari player cup ini. Yaitu dengan cara kita membuat player cup sendiri, lalu buat yg privat supaya bisa di password. Dengan menggunakan password tidak sembarangan tim bisa mengikuti cup kita. Karena ini adalah Cup yg kita buat sendiri, kita bebas menentukan peserta yg boleh mengikuti Cup itu. Setelah kita buat cup tersebut, lalu kita undang pemain yg Q tim-nya dibawah tim kita. Ini untuk memperbesar peluang kita mendapatkan juara pertama.
Seandainya kita bisa juara pertama, pendapatan yg didapat cukup besar, selain pendapatan dari penjulan ticket juga bonus juara + kredit.
Sebagai contoh, mastah ini pernah membuat cup dengan peserta 32 tim, Pendapatannya adalah:
Pendapatan dari penjualan ticket  2.556.526
Hadiah utama 1.600.000 + 4 credits
Total 2.556.526 + 1.600.000 = 4.156.526 + 4 Kredit
Diawal musim mastah tersebut juga pernah membuat player cup dengan peserta 128 tim, Pendapatannya adalah:
Pendapatan dari penjualan ticket 8.524.372
Hadiah utama 6.400.000 + 16 kredit
Total 8.24.372 + 6.400.000 = 14.924.000 + 16 Kredit
Lumayan kan?... coba kalau setiap minggu bisa seperti itu, agan gak perlu repot-repot beli kredit.. he..he..
4. Jual Beli Pemain.
Caranya adalah dengan membeli pemain muda diawal musim, lalu dilatih beberapa musim. Setelah Q nya cukup lalu dijual dengan harga tinggi. Untuk masalah ini saya belum pernah melakukan karena sekarang ini saya masih fokus dalam meningkatkan performa dan Q team. Jadi yg saya beli adalah pemain tua yg Q nya tinggi, sedangkan pemain muda dari akademi saya latih untuk menggantikan pemain tua yang nantinya dijual/pensiun. untuk Lebih jelasnya bagaimana Cara Membangun Quality Dan Performa Tim silahkan agan baca Postingan CARA MEMBANGUN QUALITY DAN PERFORMA TIM.

0 komentar:

Posting Komentar